Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivitas Lebah Dimusim Penghujan, Proses Bertahan Hidup

 Hai, selamat datang di blog saya, artikel ini akan membahas seputar dunia perlebahan, bagai mana aktivitas mereka ketika musim hujan, apakah tetap mencari madu ataukan mereka mengerjakan aktivitas lain yang dapat membuat mereka bertahan sebagai satu kesatuan dalam koloni lebah.

Aktivitas lebah di musim hujan
Aktivitas lebah


Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui ketika musim penghujan tiba, pada musim hujan biasanya bunga-bunga tidaklah bermekaran karena bunga hanya mekar Dimusim kemarau saja, ya walaupun tidak semua bunga sih, lantas bagaimana dengan lebah, bukankah madu adalah makanan pokok mereka yang mereka dapat dari bunga?, lalu darimana kah mereka mendapatkan madu kalau begitu!

Proses Lebah Bertahan Hidup
Proses Lebah Bertahan Hidup


Nah ketika musim penghujan tiba, bagi koloni lebah ini adalah masa-masa sulit dimana mereka akan kesulitan untuk mencari makanan, biasanya mereka akan membongkar madu yang ada disarang sebagai stok makanan mereka yang telah dikumpulkan selama musim kemarau, pada saat musim hujan lebah akan cenderung berada di sarang, tidak melakukan banyak aktivitas, ya mungkin karena proses terbangnya akan sulit jika hujan.

Pertanyaan selanjutnya apakah stok madu yang ada di sarang cukup untuk menghadapi musim hujan yang cukup panjang? Tentu saja tidak, mereka akan menghemat madu yang ada disarang, sebagai alternatif mereka juga terkadang minum air jika madu tidak ada.

Dalam proses bertahan hidup, lebah akan mengurangi jumlah koloni mereka, terutama lebah pejantan, biasanya lebah pekerja akan mengusir mereka agar stok makanan disarang tidak habis, begitupula lebah pekerja akan terlihat sangat menyusut, koloni akan sangat berkurang.

Lebah Dimusim Hujan
Lebah Dimusim Hujan


Sang ratu akan berhenti bertelur karena sulitnya makanan yang mereka dapat dari alam ketika musim hujan, ini adalah salah satu faktor koloni lebah berkurang pada saat musim hujan, faktor lainnya disebabkan oleh kematian dan predator lebah, proses bertahan hidup lebah sangatlah sulit apalagi jika lingkungan disekitar mereka tidak memiliki banyak madu dan polen sebagai sumber makanan.

Nah seperti itulah bagaimana lebah bertahan hidup, jika saja manusia tidak memanen madu mereka mungkin mereka akan baik-baik saja berada di alam, namun karena kebutuhan manusia terhadap madu sangat tinggi ya mau bagaimana lagi, kita sebagai manusia juga harus punya rasa tanggung jawab, pikirkan juga nasib mereka, cara terbaik untuk membalas mereka adalah dengan cara memberi makan mereka ketika mereka sedang berada pada masa sulit, nah mungkin hanya sampai disini untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi para beekepers yang baru memulai dan semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Aktivitas Lebah Dimusim Penghujan, Proses Bertahan Hidup"