Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lebah Berkomunikasi, Ratu Dan Lebah Pekerja

 Hai sahabat lebah kembali lagi bersama saya disini, pembahasan kali ini akan memberitahukan kepada kalian tentang bagai mana se ekor lebah berkomunikasi dengan lebah lainnya, lebah yang paling sering melakukan komunikasi adalah lebah ratu, komunikasi yang dilakukan oleh lebah ratu berupa perintah kepada lebah pekerja untuk mencari madu dan serbuk sari, membangun sarang, membersihkan sarang, melindungi sarang dari predator, memberi makan larva dan pupa, membantu lebah yang baru lahir dan masih banyak perintah yang lainnya.

Cara Lebah Berkomunikasi
Cara Lebah Berkomunikasi

Perintah yang diberikan oleh sang ratu kepada lebah pekerja berbentuk suara dan suara tersebut bisa kita dengar karena suara tersebut sangat keras sekali, bunyinya seperti terompet, bunyinya terdengar seperti thuuuud thuud tud, terkadang suara tersebut terdengar lebih panjang dan lebih pendek.

Ratu Lebah
Ratu Lebah

 Lebah yang sering melakukan pertukaran informasi selanjutnya adalah lebah pekerja sang pencari informasi letak madu dan serbuk sari, pencarian madu atau serbuk sari dilakukan oleh lebah yang telah diberi diperintahkan khusus oleh sang ratu.

Cara Lebah Berkomunikasi Pekerja
Cara Lebah Berkomunikasi

Lebah pencari informasi akan kembali ke sarang apabila mereka menemukan tempat yang terdapat banyak madu dan serbuk sari, pertukaran informasi yang dilakukan adalah memberi tahu lebah lainnya dimana tempat tersebut berada, kemudian lebah yang mendapatkan informasi tersebut akan menuntun lebah yang lainnya untuk mengikutinya menuju tempat yang terdapat banyak madu dan serbuk sari tersebut.

Informasi yang dilakukan oleh lebah pekerja adalah dengan menggoyangkan tubuh mereka dan lebah lainnya akan memperhatikan, setelah informasi diberikan maka lebah tersebut akan meninggalkan sarang di ikuti oleh lebah lainnya untuk menuju tempat yang dimaksud.

Dan seperti itulah cara bagai mana lebah mencari madu dan serbuk sari, makanan pokok lebah yang manusiapun sangat menyukainya, Proses pengumpulan madu bukanlah hal yang sebentar, diperlukan waktu dan proses untuk dapat mengumpulkannya, maka janganlah anggap remeh kerja keras se ekor lebah.

Kita sebagai manusia terlihat sangat jahat ketika kita memanen madu dari sarang mereka yang telah mereka kumpulkan dengan kerja keras mereka, namun begitulah realitanya peran yang dilakukan oleh manusia sebagai pemimpin di muka bumi, cara terbaik kita untuk membalasnya adalah dengan cara menanam bunga sebagai makanan mereka, jangan hanya cuman me manten dan memanen, pikirkan juga tentang kelangsungan hidup mereka, jangan sampai mereka punah karena tidak adanya sumber vegetasi.

Nah sahabat lebah, mungkin hanya sampai disini pembahasan bagai mana mana cara lebah berkomunikasi, jangan lupa ya untuk meninggalkan jejak dengan cara berkomentar ya, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. 

Posting Komentar untuk "Cara Lebah Berkomunikasi, Ratu Dan Lebah Pekerja"