Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Lebah Keluar Kandang Secara Bersamaan

 Hai sahabat beekeepers, salam satu hoby, pada artikel ini saya akan membahas kenapa lebah sering keluar pada saat siang hari terutama di jam 10-11-13-14, fenomena seperti ini sering terjadi bahkan hampir setiap hari, hal seperti ini tentunya akan membuat sang peternak pemula menjadi merasa khawatir karena lebahnya mungkin akan kabur dari kandang stup, saya sebagai pembudidaya lebah juga pernah mengalami hal ini tentunya, rasa khawatir, takut akan kehilangan lebah, dan sebagainya berkecamuk dalam pikiran, namun hal seperti itu perlahan hilang karena sudah tahu kenapa fenomena lebah keluar secara bersamaan itu bisa terjadi, dan saya pun telah menemukan cara yang paling tepat sebagai solusi untuk saat ini terhadap fenomena yang sering terjadi ini tentunya.

Pada kondisi ini sudah pasti ada sebuah pemicu yang membuat mereka berhamburan keluar kandang kan, selama setahun ini saya berfokus untuk meneliti fenomena ini dan sebuah kesimpulanpun saya dapatkan, namun ini hanya pendapat saya saja, jika kalian menemukan sebuah pendapat dari peternak lain tentu itu sah-sah saja karena mungkin faktor lingkungan juga berpengaruh.

Fenomena Lebah keluar kandang

PENDAPAT SAYA

Menurut saya terjadinya fenomena lebah keluar kandang secara bersamaan ada beberapa faktor diantaranya.

1. Lebah melakukan proses perkawinnan terhadap ratu baru, dikarenakan perkawinan lebah tidak bisa dilakukan didalam kandang tentu saja itu membuat mereka harus keluar kandang, proses perkawinan lebah dilakukan ketika mereka terbang di udara, sang lebah pejantan atau sering disebut juga dengan drone akan mengikuti sang ratu baru ini untuk melakukan proses perkawinan, pada saat proses perkawinan lebah ratu, lebah pekerja akan ikut keluar juga, ini harus dilakukan dimana proses pengawalan sang ratu harus dilakukan untuk menghindari predator yang ada diluar kandang, nah dengan adanya lebah pekerja disekeliling lebah ratu ini akan menjadi pengalihan terhadap predator yang mengintai sang ratu, agar ratu lebag aman sampai kembali lagi ke sarang atau stup, dari sekian banyaknya drone hanya satu saja yang terpilih tentunya dan ketika proses perkawinan itu sudah terjadi taklama kemudian lebah pejantan ini akan mati.

2. Digangu oleh lebah pejantan, dikarenakan perkawinan hanya dilakukan sekali pada ratu lebah tentu ini akan membuat lebah drone (Pejantan) birahi, bayangkan sekian banyaknya lebah pejantan namun hanya 1 saja yang melakukan perkawinan, ketika didalam kandang lebah drone ini akan membuat masalah dimana dia akan terus mengepakan sayapnya sampai bunyi hising yang amat kuat, suara yang dihasilkan lebah pejantan akan menggagu suara dari ratu lebah yang berupakan perintah terhadap lebah pekerja, sehingga membuat lebah-lebah pekerja kehilangan kendali dan berhamburan keluar, tujuan dari lebah pejantan melakukan hal ini adalah untuk memacing sang ratu agar keluar kandang dan melakukan  proses perkawinan sekali lagi dengan lebah pejantan, sampai disini mudah-mudahan penjelasan saya dapat teman-teman beekeepers pahami.

Jika teman-teman beekeepers sudah memelihara lebah lebih dari satu tahun dan memperhatikan siklus kehidupan lebah di anatara dua musim dan melakukan penelitian pada satu tahun tersebut, pasti teman-teman akan mengerti kenapa lebah-lebah ini keluar kandang, jika teman-teman merujuk kepada hasil penelitian saya walaupun penelitian saya tidak disertakan dengan uji para pakar tentunya, proses fenomena lebah keluar kandang ini hanya terjadi ketika musim kemarau dimana madu melimpah, pada situasi ini pakan lebah sudah pasti tercukupi dan koloni lebah sudah pasti akan memenuhi kandang dan sudah bisa kita nyatakan bahwa koloni ini adalah koloni yang mapan (Super).

Pada situasi ini pula lebah pekerja akan bertelur dan melahirkan drone-drone muda pada sarang lebah, perlu teman-teman ketahui juga bahwa yang melahirkan lebah pejantan itu bukanlah sang ratu melainkan lebah pekerja, ketika lebah pejantan sudah lahir tentu mereka akan siap untuk melakukan perkawinan.

Namun saya juga mempunyai pendapat lain, jika di daerah teman-teman banyak sekali sumber pakan dan madu walaupun dimusim penghujan tentu itu tidak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi fenomena terhadap lebah seperti keluar kandang.

Namun didaerah saya ketika musim penghujan tiba, lebah akan cenderung tinggal dikandang dan hanya sebagian yang keluar, lambat laun koloni akan menyusut semakin sedikit sampai lebah pejantan tidak ada dalam koloni, pendapat saya mungkin disaat pakan sangat sulit di dapatkan di alam lebah-lebah pekerja mengusir lebah pejantan agar stok pakan mereka lebih awet, seperti yang telah saya katakan tadi di atas, ketika lebah pekerja tidak ada maka fenomena yang terjadi seperti lebah keluar dari kandang itu tidak pernah terjadi di musim penghujan ini, pada point inilah saya berani mengambil kesimpulan bahwa lebah pejantan lah yang menyebabkan fenomena lebah-lebah keluar kandang.

PENDAPAT DARI YANG LAIN

Adapun pendapat dari peternak lain tentang lebah-lebah keluar kandang secara bersamaan di antara lain adalah.

1. Lebah membuang kotoran secarta bersamaan.

Jika lebah keluar secara beramai-ramai pada saat keluar kandang tentu hal ini juga akan terjadi pada saat musim penghujan bukan, namun nyatanya itu tidak terjadi di musim penghujan, seperti yang saya bilang diatas, pada saat musim penghujan lebah cenderung berdiam dikandang mengurangi aktifitas mereka diluar karena proses pencarian pakan yang sulit, namun bukan berarti mereka tidak keluar sama sekali sih, karena mereka juga harus memikirkan stok pakan yang ada agar tercukupi untuk bertahan hidup sampai musim bunga tiba, kalau manusia tidak memanen madu mereka pada saat musim kemarau tentunya madu yang telah mrereka kumpulkan akan menajdi stok yang cukup dimusin kemarau untuk bertahan hidup.

2. Belajar terbang untuk lebah yang baru lahir.

Jika lebah-lebah harus diajari terbang pada saat mereka lahir tentu ini juga harusnya terjadi pada saat musim penghujan, namun nyatanya itu tidak terjadi sama sekali kan, perlu teman-teman ketahui juga siklus kehidupan lebah itu hanya sebentar, untuk lebah pekerja mereka mengalami hidup yang sangat singkat yaitu - + 2 bulan, jika musim penghujan terjadi selama 5-6 bulan dan proses pergantian lebah pekerja terjadi sektar 2 bulan sekali, harusnya fenomena ini juga terjadi pada saat musim penghujan bukan, tapi seperti yang telah saya katakan di atas itu tidak pernah terjadi.

3. Fenomena alam dan takdir.

Adapun sebagian dari teman-teman beekeepers kita berpendapat bahwa fenomena ini terjadi begitu saja dan sudah takdir dari yang maha kuasa, untuk pendapat teman-teman beekeeper yang ini sayapun tidak bisa berpendapat lebih jauh lagi.

SOLUSI

1. Memanen madu lebah, jika kalian merasa takut bahwa lebah kalian akan kabur sebaiknya dipanen saja, karena jika terjadi hal seperti lebah keluar secara bersamaan sudah pasti mereka memiliki madu yang cukup

2. Pecah koloni, solusi yang kedua adalah pecah koloni jika sarang lebah telah memiliki lebih dari 6 sisiran.

3. Eksekusi lebah pejantan, meng eksekusi lebah pejantan bukanlah cara yang tepat karena sudah pasti kalian akan membunuhnya, tapi jika kalian takut mungkin solusi eksekusi ini bisa dilakukan, namun jangan sampai sering diganggu juga karena jika sering diganggu, lebah yang sudah mapan akan siap untuk pecah koloni.

4. Eksekusi telur pejantan, ini juga tidak disarankan, namun kalian bisa mengambil telur lebah pejantan dari sarang, biasanya lebah pejantan akan dipisahkan secara berkelompok pada sarang lebah.

Nah teman-teman beekeepers itulah penjelasan tentang fenomena lebah keluar kandang secara bersamaan, semoga pendapat saya dapat teman-teman cerna dengan baik ya, sampai disini dulu untuk hari ini, sampai jumpa dilain waktu.

Posting Komentar untuk "Fenomena Lebah Keluar Kandang Secara Bersamaan"