Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Sundanya Mata, Sunda Halus, Sedang, Kasar

 Hai selamat datang di blog saya, artikel kali ini akan menjelaskan terjemahan bahasa sunda lebih tepatnya Bahasa Sundanya Mata, di suku sunda terdapat beberapa bahasa dengan kata halus, sedang dan kasar, saya sendiri hidup dilingkungan yang menggunakan ketiga kata tersebut, penggunaan halus sedang kasar tentu di atur disini, kata yang halus akan selalu diutamakan pada saat bertutur kata kepada siapa kita sedang berbicara.

Bahasa Sundanya Mata, Sunda Halus, Sedang, Kasar
Bahasa Sundanya Mata

Kata halus mengandung sikap sopan dan santun, kebaikan dan tauladan, ketika orang sunda bertemu dengan orang asing yang tidak dikenal biasanya tutur kata halus akan diucapkan sebagai rasa saling menghargai, kata halus ini tentu tidak hanya digunakan kepada orang asing saja melainkan kepada orang dewasa dan yang lainnya sebagai sikap sopan santun.

Untuk kata sedang dan kata kasar biasanya digunakan anak muda kepada teman setongkrongan mereka yang tentu saja sudah memiliki ke akraban, jadi walaupun tutur kata kasar yang di ucapkan mereka akan saling menerima satu sama lain.

Nah untuk bahasa sundanya mata hanya terdapat bahasa dengan tutur kata halus dan akrab, jadi tidak terdapat bahasa kasarnya di sini, berikur bahasa sundanya mata dibawah ini.


BAHASA SUNDANYA MATA (HALUS)

- SOCA


BAHASA SUNDANYA MATA (AKRAB)

- MATA


Nah itulah arti dari bahasa sundanya mata jika di terjemahkan kedalam bahasa sunda, tutur kata yang terdapat pada anggota tubuh sebagian besar tidak ada yang mengandung kata kasar, walaupun ada sih beberapa bagian tapi maksud saya disini tidak semuanya mengandung kata kasar (perlu digaris bawahi perkataan sebelum ini).

Nah itulah terjemahan mata kedalam bahasa sunda, semoga dapat bermanfaat ya, jangan lupa tinggalkan jejak dengan cara berkomentar, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan juga dikolom komentar, untuk pembahasan kali ini saya cukupkan sampai disini, sampai jumpa di artikek selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Bahasa Sundanya Mata, Sunda Halus, Sedang, Kasar"