Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Subtitle Film Atau Video Pada VLC Media Player

Pernahkan anda menonton sebuah film atau video yang kalian unduh dari internet namun pada saat menonton video tersebut tidak terdapat subtitlenya atau penerjemah bahasanya, terkadang beberapa situs yang menyediakan video atau film gratis untuk dapat dinikmati orang banyak sering memisahkan subtitle nya dengan video tersebut, hal ini dilakukan mungkin salahsatunya untuk lebih mengkomprres size dari video tersebut agar lebih kecil, sehingga dilakukan pemisahan untuk material subtitle nya, namun hal ini tentu akan membuat bingung orang yang baru mengetahuinya, mereka tidak tahu bagai mana menambahkan subtitle kepada pemutar video tersebut, nah artikel ini akan membantu anda bagai mana cara untuk menambahkan subtitle kedalam sebuah video atau film, akan ada beberapa cara yang akan kami terangkan disini, dan semua caranya tentunya dapat dilakukan, jadi pilih saja cara yang termudah  ya, tetaplah bersama kami untuk dapat menyelesaikan permasalahan anda dengan membaca artikel ini sampai selesai.
Cara Menambahkan Subtitle Film Atau Video Pada VLC Media Player
Cara menambahkan subtitle ke video

Untuk menambahkan subtitle pada sebuah video ada beberapa yang perlu disiapkan diantaranya adalah:
  1. Video (Yang telah kalian unduh)
  2. Subtitle (File subtitle yang telah kalian unduh)
  3. VLC Media Player
Disini saya pastikan anda sudah memiliki ketiga syarat yang telah di sebutkan di atas, jika belum silahkan siapkan terlebih dahulu, untuk VLC nya setelah kalian unduh silahkan kalian instal di perangkat masing-masing, oh ia mengenai subtitle terkadang ada juga yang kebingungan dari mana mendapatkannya, untuk mendapatkan sebuah subtitle dari video yang telah kalian unduh silahkan kalian cari subtitlenya di web subscene dot com, disana ada banyak sekali yang menyediakan subtitle dari berbagai mancam negara, silahkan kalian unduh subtitle indonesia, terkadang situs-situs tertentu mengupload subtitle mereka disana, ada banyak sekali formatnya, kalian cari saja yang timingnya sama dengan waktu durasi yang ada di video kalian.

Ok kita mulai saja dengan cara yang pertama, agar caranya work dan subtitlenya dapat muncul di video kalian, baca artikel ini secara teliti agar tidak ada cara yang telewat.

CARA PERTAMA
1. Siapkan video dan subtitle yang telah kalian unduh dan simpan pada satu folder, ini berguna juga untuk membuat penyimpanan kalian rapi pada sebuah perangkat, lihat gambar dibawah, ini adalah contoh file saya yang sudah saya satukan dalam satu folder antara video dan subtitle, terkadang subtitle yang kalian dapatkan akan di kompres pada aplikasi rar, tinggal kalian extrack saja rar itu, maka file subtitlenya akan muncul.

Siapkan file dalam 1 folder
Siapkan file dalam 1 folder

2. Silahkan kalian play videonya dengan mengunakan apliaksi VLC Media Player, pada saat video mulai berjalan silahkan kalian hentika dulu videonya dengan cara di pause, setelah itu perhatikan menu-menu yang terdapat di sebelah kiri atas video kalian, disana terdapat menu subtitle, klik menu tersebut dan akan tampil 2 sub menu baru, silahkan klik yang paling atas add subtitle file, lihat gambar dibawah ini.

Tambahkan subtitle
Tambahkan subtitle

3. Setelah langkah ke 2 diatas sudah kalian lakukan maka pada layar monitor akan muncul jendela baru, nah pada jendela ini silahkan kalian cari subtitle yang telah kalian satukan tadi bersamaan dengan video, lalu pilih subtitle nya kemudian open, tunggu sampai sistem add subtitle mengkonfigurasi dan menyinkronkan waktu subtitle pada video tersebut, biasanya kurang dari 1-5 detik tergantung dari respon perangkat masing-masing, jika langkah ini sudah kalian lakukan maka subtitle akan tampil pada video kalian.

Pemilihan subtitle
Pemilihan subtitle

Jika berhasil maka subtitle akan tampil pada video, lihat gambar dibawah ini, subtitlenya sudah muncul pada video saya.

Subtitle muncul
Subtitle muncul


Tambahan:
Pada sebagian perangkat setelah menginstal VLC, format pemutar video biasanya masih dalam ke adaan default dengan format windows media player, jika yang terjadi seperti ini pada saat akan memutar video, langkah yang harus kalian lakukan adalah mengubah format pemutarnya dengan menggunakan VLC, caranya kalian klik kanan pada video tersebut lalu pilih open with, lihat gambar di bawah ini.
Seting media video player
Seting media video player

Setelah itu silahkan kalian pilih format pemutarnya menjadi VLC Media Player, jika tidak muncul vlc nya silahkan klik other program, lalu pilih vlc kemudian simpan dengan cara mengklik ok, lihat gambar dibawah ini.

Pemilihan Media Player
Pemilihan Media Player

CARA KEDUA
Nah untuk menambahkan subtitle pada sebuah video sebenarnya ada beberapa cara, untuk itu kita memang perlu mengetahui beberapa cara tersebut agar bisa memilih mana cara yang termudah untuk menambahkan sebuah subtitle pada sebuah video, untuk cara yang kedua ini menurut saya caranya lebih mudah dan simple, terlebih jika kalian ingin menonton video dikemudian hari kalian tidak perlu melakukan add subtitle lagi, tetaplah bersama kami untuk mengetahui bagai mana cara meng add subtitle pada sebuah video dengan sekali setings.

1. Satukan video dan subtitle pada sebuah folder yang sama, perlu kalian ketahui format extension dari video dan subtitle itu berbeda, untuk video sendiri ada banyak sekali format, misalnya MKV, Blue Ray, 3GP, Avi, Flv, Mp4 dan masih banyak lagi, ini berfungsi sebagai tanda dari kualitas video tersebut, nah untuk subtitle formatnya berextension (.srt), srt ini berfungsi untuk menambahkan text kedalam sebuah video, nah sampai disini saya harapkan kalian sudah mengerti dengan apa yang telah dijelaskan di atas, untuk memperjelasnya lagi lihat gambar di bawah ini yang telah saya beri tanda.

Satukan video dan subtitle
Satukan video dan subtitle

2. Nah pada langka kedua ini untuk bisa menambahkan subtitle kedalam sebuah video secara otomatis kalian hanya perlu menyamakan nama dari video dan subtitle nya tersebut tanpa mengubah extension (Format file), Misal video bernama How-To-Train-Your-Dragon.mkv dan subtitlenya bernama subtitle.srt, nah yang perlu kalian rubah adalah nama dari subtitlenya, silahkan kalian samakan dengan nama video kalian dengan cara di rename, klik kanan pada subtitle kemudian rename, kemudian samakan namanya dengan video.

Rename file srt
Rename file srt


3. Pastikan nama video dan subtitlenya sama ya, karena jika tidak sama maka subtitle tidak akan muncul pada video kalian, selalu teliti dalam melakukan apapun itu akan berdampak pada hasil yang kalian lakukan.

Nama video dan sub harus sama
Nama video dan sub harus sama

4. Nah jika sudah terlihat sama seperti gambar dibawah ini silahkan kalian play videonya dengan menggunakan aplikasi VLC Media Player, jika kalian melakukan penambahan subtitle dengan cara kedua ini, maka kalian tidak perlu untuk meng add subtitle nya lagi, subtitle nya akan ke load otomatis kedalam sebuah video asalkan file nya berada pada folder yang sama.

Subtitle muncul
Subtitle muncul
PESAN
Jika subtitle tidak muncul pada video kalian mungkin dalam melakukan penambahan subtitle ini ke dalam video adanya kesalahan dalam langkah-langkah yang kalian lakukan, saya sarankan untuk mengulanginya dari awal dan pada saat memperaktekannya pastikan langkahnya sudah sama dengan yang telah saya tuliskan disini, baik itu dengan cara yang pertama ataupun dengan cara yang kedua yang menurut saya lebih simple dan mudah untuk dilakukan, nah untuk pejelasannya mungkin hanya sampai disini saja ya, jika masih bingung silahkan tonton video dibawah ini untuk lebih jelasnya.


Apakah artikel ini membantu? jika ya, silahkan share artikel ini kepada yang membutuhkan, dan janganlupa subscribe juga blog ini untuk mendapatkan artikel terbaru tentang tips dan trik yang menarik, semoga berhasil.

4 komentar untuk "Cara Menambahkan Subtitle Film Atau Video Pada VLC Media Player"

  1. Balasan
    1. Belum, soalnya artikelnya juga masih sedikit, kalo artikel udah nyampe 50an baru daftar, terimakasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
    2. Gan, gimana cara dwnload video dr youtube bersama download subtitelnya.ya. Kasih contoh ya gan. .

      Hapus
    3. Untuk download subtitle YouTube bisa pergi ke downsub com gan.

      Hapus