Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Saat Login Email Di Android

MENGAKTIFKAN VERIFIKASI 2 LANGKAH DI ANDROID
Cara mengaktifkan Verifikasi dua langkah pada akun gmail di HP android, Tahukah kalian bahwa pihak Google telah mengeluarkan tool baru yang sangat bermanfaat tentunya di bidang keamanan untuk akun google gmail, tool ini dikeluarkan untuk seluruh pengguna akun google gmail untuk menambah tingkat keamanan agar akun kita tidak mudah untuk di hack, dengan fitur baru yang sangat canggih ini pastinya akan memberikan keuntungan bagi kita.

Prosesnya adalah ketika ada yang mencoba masuk ke akun gmail kita, mau siapapun itu termasuk kita sendiri maka fitur ini jika sudah di aktifkan akan bekerja dengan mengirimkan verifikasi dua langkah, jadi ketika ada orang lain yang mencoba masuk tentunya kita akan mengetahui hal tersebut, maka dari itu segeralah aktifkan verifikasi 2 langkah ini, cara mengaktifkannya tidak perlu menggunakan PC atau laptop jika memang perangkatnya tidak ada, sekarang ini jaman memang sudah sangat berkembang jauh, tentunya cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini sudah bisa dilakukan melalui smartphone Android.

LANGKAH-LANGKAH
1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke pengaturan yang terdapat di smartphone kalian, jika bingun saya sudah menyiapkan gambar dibawah, untuk cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini saya menggunakan HP Samsung J3, Namun caranya tidaklah jauh berbeda jika kalian menggunakan HP jenis lain atau Dengan menggunakan HP samsung yang lebih tinggi, karena pada dasarnya OS yang kita gunakan sama yaitu OS Android, hanya versinya saja yang berbeda.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

2. Setelah masuk ke pengaturan, silahkan kalian akses Akun kalian di menu akun yang bergambar kunci, jika bingung saya sudah siapkan gambar untuk memperjelas langkah-langkah cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini, lihat gambar di bawah, terdapat panah yang menunjukan menu mana yang harus kalian pilih.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

3. Setelah kalian melakukan langkah yang nomor 2 kalian akan dibawa ke langkah senjutnya, tampilan layarnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini, dari layar pengelolaan akun ini silahkan kalian pilih akun Google dengan cara di klik perhatikan Gambar dibawah.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

Tetaplah bersama kami dengan membaca artikel ini untuk mengetahui langkah lebih lanjut apa yang harus dilakukan untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun google di Smartphone Android.

4. Pada langkah ini kalian akan dibawa ke tampilan dimana seluruh akun google yang pernah dimasukan ke HP android kalian tertera, inilah yang dimaksud dengan tempat pengelolaan akun, jika email yang ada lebih dari satu, maka kalian harus menggantinya terlebih dahulu ke email yang akan di aktifkan verifikasi 2 langkahnya terlebih dahulu, lalu kalian bisa langsung mengklik bacaan mengelola google acount anda, lihat gambar dibawah untuk mempermudah kalian dalam tahap ini.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

5. Setelah kalian menyelesaikan tahap di atas, maka pada tahap ini kalian akan dibawa masuk ke pengaturan akun google, lihat tampilannya disana ada Beranda, Info Pribadi, Data & Personalisasi, itu adalah menu yang terdapat di pengaturan akun google, tampilannya kurang lebih seperti inil, perlu saya beritahukan kembali, untuk tampilan mungkin bisa saja berbeda, karena adanya perbedaan perangkat, namun tidaklah akan berbeda terlalu jauh, untuk tampilan di saya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

6. Tahap enam silahkan geser ke kiri menu yang sudah saya sebutkan pada tahap 5, sampai tampil menu Keamanan setelah menu Data & Personalisasi, di sini akan ada pintasan untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah, tampilan awalnya akan nonaktif karena memang kita baru mau mengaktifkannya, lihat gambar dibawah.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

7. Setelah tahap enam dilakukan tahap selanjutnya akan tampil pintasan untuk Mengakses akun melalui browser yang terdapat pada Smartphone kalian, di hanphone saya ada dua browser, mungkin akan lebih banyak tampilan browsernya jika di HP kalian telah menginstal UC Browser, Opera, Mozilla ataupun yang lainnya, kalo saya sih lebih merekomendasikan Browser Crome, lihat gambar dibawah.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

8. Pada tahap kedelapan ini disinilah awal untuk memulai mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun google kita di HP android, Disana akan terdapat tulisan tambahkan lapisan keamanan ekstra untuk melindungi akun kalian dari orang jahat, lihat gambar dibawah, kurang lebih tampilannya seperti ini.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

9. Pada langkah kesembilan ini kita akan disuruh untuk memasukan password email, Hal ini untuk memastikan bahwa yang melakukan aktivasi verifikasi 2 langkan ini adalah benar-benar anda, bukan orang lain, lihat gambar dibawah ini, untuk mempermudah kalian.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

10. Tetaplah baca cara menaktifkan verifikasi 2 langkah ini untuk berlanjut ke tahap berikutnya, Disini akan ada tampilan dimana HP yang diigunakan terdeteksi klik lanjutkan untu terus maju ke tahap berikutnya.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

11. Langkah kesebelas google akan mendeteksi perangkat dan versi dari HP kalian, Tempat dan waktu, klik ya untuk mengaktifkannya, lihat gambar dibawah ini saya sudah memberikan panah untuk memperjelas apa yang saya jelaskan di laman ini.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

12. Sesudah kalian melakukan langkah diatas, maka akan tampil nomor HP kalian, pastikan nomor kalian adalah nomor yang saat ini digunakan, dan jika memang berbeda silahkan ganti nomornya dengan nomor saat ini, langkah ini digunakan untuk google mengirimkan verifikasi pertama untuk mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah lewat kode yang akan diberikan melalui SMS, ada dua pilihan untuk mendapatkan kode tersebut, yang pertama melalui panggilan telepon dan yang kedua melalui SMS, silahkan kalian pilih SMS dan klik OK, lihat gambar dibawah.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

13. Setelah itu maka google akan mengirimkan SMS kepada kalian yang berisikan kode verifikasi 2 langkah, masukan kode tersebut yaitu kode yang telah kalian terima dari google ke kolom verifikasi 2 langkah berikut ini, lihat gambar dibawah, setelah dimasukan kode trersebut silahkan kalian klik tombol selanjutnya.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

14. Pada tahap ini silahkan kalian Klik tombol AKTIFKAN seperti gambar yang sudah saya berikan panah dibawah ini, dengan begitu kalian sudah berhasil untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah melalui HP android,.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

15. Langkah untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkan sudah selesai, tampilan akhirnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.
Aktivasi 2 Langkah Akun Google
Aktivasi 2 Langkah

KESIMPULAN
Dengan cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini, akun kalian akan maju selangkah ke tingkat keamanan yang lebih aman, jika disuatu tempat ada yang mencoba mengakses akun email anda dan tahu password email anda itu tidak akan cukup untuk bisa masuk ke email anda, inilah yang dinamakan lapisan kemanan ekstra yang sudah google berikan untuk keamanan akun kita.

AKHIR KATA
Silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat, jangan lupa Subscribe blog ini untuk menerima pemberitahuan lebih lanjut dari kami, baca juga artikel yang lainnya agar kita mendapatkan wawasan lebih jauh lagi tentang apapun itu, blog ini akan terus berkembang dan akan terus saya update dengan artikel-artikel yang mudah mudahan dapat bermanfaat untuk kalian.

PESAN - PESAN
Janganlah kalian puas dengan sesuatu hal yang sudah kalian capai, karena itu akan menjadi bumerang untuk kalian nantinya, jika kalian sudah mencapai target yang di inginkan buatlah target baru, itu semua untuk membuat diri kita semakin jauh melangkah, janganlah malas, teruslah belajar, untuk mendapatkan pengalaman yang belum oranglain alami, ilmu tidaklah datang dengan sendirinya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Saat Login Email Di Android"